Saturday, April 10, 2010

Pelajaran semester ini

Semester 8, yang saya harapkan sebagai semester terakhir saya di ITB (amin),sudah berlangsung selama kurang lebih 2 bulan. Itu berarti setengah periode dari semester ini sudah dilalui dan tersisa tinggal setengah periode lagi (bahkan kurang) hingga pertengahan mei.

Dalam perjalanannya yang singkat, saya malah menemukan hikmah yang sangat besar dalam hidup saya. Hikmah tersebut adalah "jadilah orang yang berpendirian".

Sebenarnya hikmah ini sering kali saya rasakan selama hidup saya. Tetapi baru kali ini saya benar-benar merasakan pentingnya sebuah pendirian. Baru kali ini saya sangat menyesal akibat ke-tidak-berpendirian-nya saya. Ketika saya dihadapkan kepada 2 pilihan, saya tidak bisa menetapkan pendirian saya untuk tetap memilih apa yang saya suka dan terbaik menurut saya. Sebenarnya 2 pilihan tersebut sama-sama baik, tidak ada buruknya. Yang menjadi masalah adalah saya tidak bisa menetapkan pilihan sesuai dengan minat saya sendiri. Teman-teman saya berpendapat mengenai ini dan membuat saya bingung, akibat ke-tidak-berpendirian-nya saya. Dan ini berujung kepada terbuangnya waktu saya, yang sebenarnya bisa saya isi dengan "minat" saya tersebut.

Hingga pada pertengahan semester, akhirnya saya kembali kepada "minat" saya tersebut. Setelah saya kembali ke "minat" tersebut, barulah timbul masalah-masalah lainnya ketika melaksanakan "minat" tersebut. Disitu saya merasa terombang-ambing, dan mulai berpikir "kenapa tidak dari awal saja saya milih 'minat' ini? Jadinya saya bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada lebih awal dari sekarang. Tidak ada waktu yang tersia-siakan."
Itu yang saya pikirkan.

Sehingga, mulai saat itu saya mulai memantapkan pendirian saya dan terus menjalankan "minat" saya. Berpendirian di sini adalah bukannya menjadi stubborn, tetapi mampu menyaring pendapat-pendapat orang lain dan menyesuaikannya dengan minat sendiri. Pendapat dan pandangan orang lain itu perlu, tetapi kita sendiri harus bisa menyaringnya dan menjaga pendirian kita agar tidak mudah terombang-ambing.

Sebelum diakhiri, mungkin ada 1 hikmah lagi yang bisa diambil. Mungkin saya harus melalui peristiwa di atas agar saya bisa menjadi orang yang lebih berpendirian dan lebih baik lagi.

I am very thankful and grateful to the Mighty Allah SWT.

2 comments:

  1. wuaahh semangat ya kuriss..

    ini ttg minat yang mana ya?

    ReplyDelete
  2. TA puy,TeeeAaaaaa...hahaha=D

    ReplyDelete